Kamis, 12 September 2013

TOMCAT



Berdasarkan keterangan dari Dr. Mike Leahy dari National Geographic mengatakan bahwa serangga ini sebenarnya tidak berbahaya bagi manusia, makanan utama serangga ini adalah serangga lain, berupa kepik, kutu tanaman, dan serangga-serangga kecil lainnya. Faktanya, hewan ini tidak mengigit dan mengeluarkan bisa / racun seperti yang diberitakan, apalagi menyengat, karena hewan ini merupakan hewan pemburu. Racun yang selama ini diberitakan adalah berasal dari darahnya / plasma yang hanya akan keluar jika serangga ini dilumat (dibunuh), juga sekresinya.
Ada 6 fakta lain yang harus anda ketahui tentang Tomcat supaya anda tidak panic menyikapi serangga ini.
1. Jika anda mendpat info tentang anti racun Tomcat adalah Acyclovir, maka hal tersebut tidak benar. Apabila memakai acyclovir,bisa jadi malah merusak dan meracuni DNA anda sendiri. Belum lagi, bisa berbahaya bagi ibu hamil dan ibu menyusui.
2. Racun Tomcat tidak menyebabkan Herpes. Hanya saja, memiliki gejala yang sama dengan herpes.
3. Racun tomcat bersifat asam. Jadi pertolongan pertama jika terkena racun tomcat adalah sifat basa. Air sabun adalah yang paling mudah. Apabila anda tersentuh Tomcat saat sedang ditempat yang tak ada air sabun, gunakan air liur anda. Karena air liur bersifat basa. Kemudian segera bawa ke dokter.
4. Efek bintik-bintik tomcat muncul antara 24-36 jam. Efek paling pertama muncul adalah kulit memerah dan terasa panas. Pada saat anda merasakan itu, gunakan air liur atau air sabun tersebut.
5. Tomcat tidak akan terlalu berbahaya apabila kontaknya tak langsung, contoh: ia mengeluarkan cairan di handuk anda, dan anda memakainya. Maka anda akan terkena toksin tersebut. Namun tak separah kontak langsung. Jadi tetap tenang, jangan panik, gunakan first aid diatas dan segera ke dokter.
6. Tomcat tak bisa terbang. Seringkali kita membaca diinternet bahwa Tomcat memiliki sayap transparan yang keras dan bisa terbang. Sebetulnya tidak. Selain itu, gunakan air panas untuk membunuh Tomcat saat dikamar mandi dengan cara disiram.






 

Nantikann info berikutnya ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar